Selasa, 29 Maret 2011

DASAR PENGOBATAN BEKAM

DEFINISI BEKAM (AL HIJAMAH)

Bekam adalah suatu ungkapan yang dikenal oleh bangsa Indonesia seperti kop, canduk, canthuk atau mambakan, bahasa Inggris dengan istilah cupping atau fire botle, bahasa Mandari disebut Pa Hou Kuan dan Gua sha dalam bahasa Cina. Dalam bahasa Arab disebut Al- Hijamah yang berarti menghisap atau menyedot, hijamah merupakan istilah awal yang dipakai dalam bentuk pengobatan ini, kemudian munculah istilah-istilah lain yang digunakan untuk memudahkan dalam pemahaman disetiap suku dari masing-masing bangsa. Bekam atau Hijamah berarti pristiwa penghisapan atau penyedotan untuk pengeluaran darah dari permukaan kulit. Sedang alat yang digunakan dalam melakukan hijamah berupa tabung atau gelas kecil yang terbuat dari tanduk, bamboo atau kaca untuk menampung darah. Bekam merupakan suatu metode pengobatan yang turun temurun telah diwariskan oleh para nabi dan rasul, yang kemudian metode atau caranya telah dikembangkan oleh masing-masing bangsa dan negara dengan disiplin ilmu kesehatan yang dimilikinya, yang dalam mengeluarkan atau pelepasan darah statis melalui permukaan kulit dilakukan dengan cara yang aman dan higienis untuk dicapainya nilai sebagai alat penyembuhan yang terbaik. Dalam kitab-kitab Arab, menjelaskan tentang bekam sebagai berikut :

Bekam adalah mengeluarkan darah dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Allah.

Sedang pada buku-buku barat, bekam diartikan dengan “It is a therapeutic method in which a jar or cup is attached to the surface of the skin to cause local congestion. This is achieved by the creation of a negative pressure inside the cup via the introduction of ignited material into the jar to become local blood statis, and the aspirate blood from the skin, to promote the circulation of qi and blood induce an analgesic effect, subdue swelling and expel wind, cold, and damp pathogens.” (Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif didalam tabung, yang sebelumnya benda-benda dibakar dan

dimasukan kedalam tabung, agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energy chi dan darah, menimbulkan efek analgetik (penghilang nyeri), mengurangi pembengkakan, serta membersihkan pathogen angin baik dingin maupun lembab.

DASAR PENGOBATAN BEKAM (AL HIJAMAH)

“Sesungguhnya Jabir bin Abdullah R.A. telah menziarahi Al-Mukna’ yang sedang sakit kepala. Kemudian beliau berkata : Aku tidak akan pulang sehinggalah kamu mau berbekam kerana aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya dengan berbekam itu ada kesembuhan” Rasulullah menyatakan pada berbekam itu ada kesembuhan.. Maka siapakah yang lebih benar kata-katanya kalau bukan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda

“Kesembuhan ada 3, dalam pisau hijamah, minum madu dan pengobatan dengan besi panas, dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi yang dipanaskan.” (HR. Bukhari). Dari Ibnu Abbs RA. Rasulullah bersabda :

“ Bahwasanya Rasulullah SAW pernah berbekam dan memberi imbalan bagi yang membekam.”

( H.R. Bukhari Muslim).

Dari Abu Dawud, dalam sebuah hadist tentang Isro’ mi’roj, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“ Aku tidak berjalan dihadapan sekelompok malaikat pada malam ketika aku diiso’kan, kecuali mereka berkata, wahai Muhammad perintahkanlah umatmu untuk berbekam.”

Rasulullah SAW bersabda :”

“ Sesungguhnya pengobatan yang paling utama yang kalian lakukan adalah Bekam. ”

(H.R. Bukhari Muslim).

Dari Ibnu Mas'ud sesungguhnya Nabi SAW telah bersabda " Sesungguhnya aku telah melalui sekumpulan malaikat pada malam aku di Isra' oleh Allah Taala dan mereka telah berkata ' Wahai Muhammad suruhlah umatmu berbekam' "

Berbekam adalah sebaik- baik perubatan seperti sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

" Sebaik pengobatan ialah dengan berbekam : ia membuang darah kotor, mencerahkan mata, meringankan tubuh.."

" Sesungguhnya sebaik-baik perawatan yang kamu lakukan ialah dengan berbekam "

" Sesungguhnya sebaik-baik perawatan yang kamu lakukan ialah dengan berbekam "


Untuk Konsultasi kesehatan silahkan hubungi :
BEKAM SURABAYA ( KLINIK KARUNIA ILAHI )
Alamat: Jl. Kenongosari VI /12 Pepelegi Waru-Sidoarjo
Telp.03171995583 SMS.085749407000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar